Cara Mengatur Meta Tag SEO Friendly

0
44

Banyak sekali cara membuat blog menjadi lebih mudah untuk terindeks atau SEO Friendly. Setelah kemarin kita mengulas cara mendapatkan backlink berkualitas, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara untuk membuat meta tag pada blog.

Meta-tag-seo-google

Apa yang dimaksud dengan Meta Tag?

Meta Tag adalah sebuah Tag yang bisa anda tambahkan/pasang ke dalam situs anda, tujuannya adalah untuk memberitahu robot mesin pencari dan aplikasi web lain tentang isi pada laman tertentu dan informasi lainnya. Mereka memberikan informasi tentang halaman judul , deskripsi laman dan kata kunci web anda. Hal ini dapat digunakan untuk membantu meningkatkan rangking mesin pencari dan meningkatkan lalu lintas kunjungan ke halaman tersebut.

Cara Membuat Meta Tag SEO Friendly

Banyak sekali Meta Tag yang bisa anda pasang pada blog anda, namun sebaiknya anda juga harus mengetahui fungsi,  kelebihan dan kekurangan Meta Tag yang anda pakai tersebut. Berikut adalah contoh kode Meta Tag SEO Friendly yang bisa anda pasang pada blog serta sedikit keterangan mengenai kode Meta Tag nya.

<title> <b:if cond=’data:blog.homepageUrl == data:blog.url’> <data:blog.title/> <b:else/> <data:blog.pageName/> </b:if> </title> <meta content=’Masukkan deksipsi blog anda, panjang maksimal adalah 156 karakter dan jangan lebih’/> <meta content=’Masukkan keyword anda, contoh keyword, belajar seo blogspot’ name=’KEYWORDS’/> <meta http-equiv=’Content-Type’ content=’Type=text/html; charset=utf-8’/> <meta content=’Indonesia’ name=’geo.placename’/> <meta name=”language” content=”id” /> <meta content=’Tips Belajar SEO dan bisnis online dari pakar seo’ name=’subject’/> <meta content=’Belajar SEO’ name=’Author’/> <meta content=’all’ name=’audience’/> <meta content=’general’ name=’rating’/> <meta http-equiv=’refresh’ content=’10’/> <meta name=”revisit-after” content=”1 days”/> Jadi mari kita bahas bagian-bagiannya.. Title Tag Title Tag memang bukan merupakan sebuah Meta Tag, tapi karena letaknya yang bersamaan dengan Meta Tag yang lain, maka tidak ada salahnya juga kita bahas.. Kodenya seperti ini.. <title> <b:if cond=’data:blog.homepageUrl == data:blog.url’> <data:blog.title/> <b:else/> <data:blog.pageName/> </b:if> </title>

Search Engine atau mesin pencari biasanya menggunakan Title Tag untuk mengetahui penekanan kata kunci atau keyword yang anda incar pada halaman blog.
‌Panjang maksimal dari Title Tag adalah 70 karakter. Jadi perhatikan karakter yang Anda butuhkan. Agar keterbatasan pada meta ini bisa Anda gunakan dengan efektif.

  • ‌Meta Description <meta content=’Masukkan deksipsi blog anda, panjang karakter meta ini maksimal adalah 156 karakter dan jangan lebih’/> kode tersebut adalah Meta Tag yang paling penting yang harus anda optimalkan pada blog agar bisa dengan mudah terindeks. Panjang dari Meta Description adalah 156 karakter dan usahakan jangan sampai Anda memasukkan karakter lebih dari 156. sebagai catatan, jika anda melakukan penumpukan / pengulangan kata kunci yang berlebihan pada bagian Meta Description ini, maka bisa menyebabkan Google mengabaikan Meta Tag yang Anda bangun.
  • ‌Meta Keyword <meta content=’Masukkan keyword anda, contoh keyword 1, belajar seo blogspot, keyword 2′ name=’KEYWORDS’/> Sebenarnya Meta Tag ini sudah tidak mempengaruhi dalam peringkat artikel anda di mesin pencari Google. Pada dasarnya Meta Tag ini sebenarnya berguna untuk memberitahui kata kunci yang tepat terhadap mesin pencari google. Namun saat ini bisa tidak diperlukan lagi jika anda sudah menebalkan kata kunci artikel anda, memberi alt Tag Image dengan kata kunci yang anda incar. Jadi penulisan pada konten postingan andalah yang harus diperhatikan. Dengan hal ini, kata kunci sudah bisa ditangkap oleh Google dengan baik. Dalam pemasangannya  meta ini, sebaiknya jangan ulangi beberapa kata lebih dari 2 kali.
  • ‌Meta Content Type (Charset) <meta http-equiv=’Content-Type’ content=’Type=text/html; charset=utf-8’/> Meta Tag ini berguna untuk menyatakan encoding website. Fungsi sebenarnya adalah agar Browser atau aplikasi pencari yang dipakai tidak salah menampilkan halaman blog anda. Sebenarnya Meta Tag ini tidak terlalu penting, karena tidak berpengaruh terhadap peringkat SEO artikel anda di Google. Dan sebagai catatan, Meta Tag ini bisa saja membuat tampilan blog anda menjadi berantakan jika anda salah dalam pemasangannya atau penempatanya.
  • ‌Meta Tag Geo Placename <meta content=’Indonesia’ name=’geo.placename’/> Ini adalah Meta Tag untuk memberitahu mesin pencari tentang asal negara blog anda. Indonesia bisa anda ganti dengan nama negara blog anda.
  • ‌Meta Languange <meta name=”language” content=”id” /> Meta Tag ini sebenarnya berguna untuk memberitahu bahasa apa yang anda gunakan dalam menulis kepada mesin pencari Google. Meta Tag ini juga saat ini sudah tidak berpengaruh, karena Google sudah sangat ahli dalam bisa mengenali bahasa blog anda. Sehingga, Meta ini tidak akan berpengaruh juga terhadap peringkat SEO blog di Google.
  • ‌Meta Refresh <meta http-equiv=’refresh’ content=’10’/> Meta Tag adalah yang paling tidak dianjurkan untuk dipakai. Sebenarnya Keuntungan memasang Meta ini hanyalah untuk meningatkan Pageviews atau tampilan laman blog. Namun ini sama sekali tidak membawa manfaat. Bahkan jika menjalankannya bisa saja akan dianggap Web Spam oleh Google. Meta Refresh dianggap kurang baik, karena Meta ini akan mengganggu pengunjung blog anda. Mengapa demikian? Karena pengunjung akan dibingungkan dengan Refresh halaman yang berjalan secara otomatis dengan selang beberapa waktu yang telah ditentukan. Coba Bayangkan saja jika anda membaca artikel kemudian halamannya melakukan refresh, pasti Anda akan merasa sangat kesal. setelah refresh lalu harus mencari kembali bacaan terakhir yang anda baca, jika informasi yang anda butuhkan itu sangat penting tentu akan menghambat proses browsing tentu nya. Jadi, sebaiknya jangan gunakan Meta seperti ini.
  • ‌Meta Tag Revisit After <meta http-equiv=’refresh’ content=’10’/> Meta ini juga sebenarnya berguna untuk mengatur tingkat perayapan Google terhadap situs web atau blog anda. Namun, Meta Tag ini sudah diabaikan google, bahkan Meta Tag ini tidak SEO Friendly dan tentunya kurang baik jika dipasang pada blog. Mengapa demikian? karena mesin pencari Google sudah menentukan tingkat perayapan sebuah blog, kalo sudah demikian kenapa harus susah-susah memang Meta Tag ini?



Mungkin itulah beberapa Meta Tag yang bisa anda gunakan agar SEO blog Anda semakin kuat. Perhatikan juga keterangannya baik -baik. karena ada juga beberapa meta tag yang bisa anda abaikan. Semoga Meta Tag yang diulas ini dapat membantu kemajuan blog yang Anda bangun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini