Cara Boot ke Safe Mode Dengan Mudah Di Windows 10

0
40
Jika Anda pernah mencoba untuk memecahkan masalah komputer Anda sendiri, Anda kemungkinan akan menemukan Safe Mode. Safe Mode adalah fitur pemecahan masalah bawaan yang menonaktifkan driver dan program yang tidak perlu selama proses startup. Ini memungkinkan kita untuk mengisolasi setiap pengaturan atau kesalahan sistem dan memperbaikinya pada root, tanpa mengganggu aplikasi yang tidak penting.
 

Konfigurasi Sistem

Anda dapat mencapai layar Konfigurasi Sistem menggunakan pencarian Cortana. Mengetik konfigurasi msconfig atau sistem dan menekan Enter akan membuka panel Konfigurasi Sistem. Pergi ke Boot, dan perhatikan Opsi Boot. Memilih Boot Aman dari opsi akan memaksa sistem Anda untuk boot ke Mode Aman setelah restart berikutnya. 
 
Anda dapat memilih dari opsi tambahan.
  • Minimal: Memulai Safe Mode dengan jumlah minimal mutlak driver dan layanan, tetapi dengan Windows GUI standar (Graphical User Interface).
  • Alternate Shell: Mulai Mode Aman dengan Prompt Perintah, tanpa GUI Windows. Membutuhkan pengetahuan tentang perintah teks tingkat lanjut, serta menavigasi sistem operasi tanpa mouse.
  • Perbaikan Direktori Aktif: Memulai Safe Mode dengan akses ke informasi spesifik mesin, seperti model perangkat keras. Jika kami tidak berhasil menginstal perangkat keras baru, merusak Active Directory, Safe Mode dapat digunakan untuk memulihkan stabilitas sistem dengan memperbaiki data yang rusak, atau menambahkan data baru ke direktori.
  • Jaringan: Memulai Safe Mode dengan layanan dan driver yang diperlukan untuk jaringan, dengan Windows GUI standar.
Pilih Minimal, diikuti oleh Terapkan, dan OK. Konfigurasi Sistem sekarang akan menanyakan apakah Anda ingin memulai ulang sistem Anda. Memilih Restart akan segera memulai proses restart, jadi pastikan untuk menyimpan dokumen atau proyek yang aktif.
 

Mengetuk (Tapping)

Metode paling umum untuk mencapai Safe Mode adalah dengan mengetuk F8. Ini memunculkan pilihan Safe Mode selama startup, memungkinkan kita untuk memilih mode operasi. Namun, untuk mempercepat proses boot, Windows 10 telah menonaktifkan Mode Aman F8. Anda dapat mengorbankan beberapa detik selama startup dengan mengaktifkan menu F8 menggunakan Command Prompt.
 
Mulailah dengan membuka Command Prompt yang lebih tinggi. Klik kanan menu Start dan pilih Command Prompt (Admin). Pilih Ya di dialog Kontrol Akun Pengguna, jika itu muncul. Command Prompt sekarang harus terbuka. 

 

 

Ketik (atau salin / tempel) perintah berikut:
bcdedit / set {default} bootmenupolicy legacy
Dan tekan Enter. Pekerjaan selesai

 

 

Untuk membatalkan perintah lawas ini kapan saja, buka kembali Command Prompt yang ditinggikan sesuai dengan instruksi di atas dan ketik:
bcdedit / set {default} standar bootmenupolicy
Ini mengembalikan startup ke keadaan aslinya, sehingga untuk mencapai Safe Mode Anda harus menggunakan salah satu opsi alternatif dalam artikel ini.
 

Startup Lanjutan

Untuk trik kami berikutnya: Advanced Startup. Tenang teman saya. Ini tidak begitu canggih, tetapi sangat berguna untuk diketahui.

 

Buka menu Pengaturan dan menuju ke Perbarui & Keamanan> Pemulihan> Startup Lanjutan. Mengklik Restart Now akan memulai ulang sistem Anda dalam mode pemulihan, tempat Anda akan menemukan tiga opsi: Lanjutkan, Pecahkan Masalah, atau Matikan PC Anda. Pilih Pemecahan Masalah> Opsi Tingkat Lanjut. Anda sekarang akan memiliki serangkaian opsi baru, seperti:
 
Klik Pengaturan Startup, diikuti oleh Restart. Sistem Anda sekarang akan restart. Saat reboot, Anda akan memenuhi layar Pengaturan Startup. Dari sini Anda dapat memilih fungsi yang diperlukan.
 

Jalan pintas (Shortcut)

Anda dapat melewati proses mengklik yang agak panjang dengan menahan Shift dan mengklik Restart di bawah Power, ditemukan di Start Menu Windows 10. Reboot ini akan membawa Anda langsung ke opsi Pemulihan, di mana Anda dapat memilih Troubleshoot> Advanced Options> Startup Settings. 

 

 

Jika Tidak Ada Yang Berhasil

Bahkan jika tidak ada yang di atas berfungsi, Anda masih memiliki dua ace di lengan baju Anda.
 
Jika Anda menginstal Windows 10 melalui disk atau USB, Anda dapat mem-boot langsung ke mode pemulihan dengan memasukkan disk / USB tersebut sebelum menyalakan sistem Anda. Pilih tata letak keyboard Anda, diikuti oleh Perbaikan Komputer Anda, di kiri bawah layar. Dari sini, Anda dapat menuju ke Troubleshoot> Opsi Tingkat Lanjut di mana Anda akan menemukan Pemulihan Sistem, Pemulihan Gambar Sistem, Perbaikan Startup, Prompt Perintah, dan Kembali ke Pembuatan Sebelumnya.
 
Agar Pemulihan Gambar Sistem berfungsi, Anda harus membuat gambar sebelum kesalahan sistem Anda, sesuatu yang kami sarankan untuk Anda lakukan. Anda dapat membuat Gambar Sistem dengan mengetik Recovery ke dalam bilah pencarian dan memilih Recovery: Control Panel. Anda sekarang akan berada di Advanced Recovery Tools. Pilih Buat Drive Pemulihan, dan ikuti langkah-langkahnya.
 

Disk Perbaikan Sistem

Alat bermanfaat lain yang Anda inginkan adalah System Repair Disc. Tidak seperti System Image, ini bukan mesin yang spesifik, sehingga Anda dapat memperolehnya melalui teman jika semuanya benar-benar berbentuk buah pir.
 
Jika Anda ingin bersiap untuk momen yang tak terhindarkan itu, klik kanan ikon Start Menu dan pilih Control Panel dari daftar. Buka Keamanan Sistem> Cadangkan dan Kembalikan (Windows 7). Jangan biarkan tag Windows 7 menunda Anda: Anda berada di tempat yang tepat. Pilih Buat Disk Perbaikan Sistem dari kolom sebelah kiri, dan ikuti instruksi.
 
Anda sekarang seharusnya merasa sangat nyaman untuk mem-boot Windows 10 ke Safe Mode, menggunakan salah satu dari tiga metode yang diuraikan di atas. Pastikan untuk mencatat bagian terakhir tentang Pemulihan Gambar Sistem dan Disk Perbaikan Sistem, mengingat yang pertama hanya berfungsi jika Anda telah menetapkan lokasi pemulihan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini