Bahaya Smartphone Jika Dibawa Tidur Tanpa Kita Sadari

2
176
5 Bahaya Smartphone Jika Dibawa Tidur Yang Tidak Disadari

Bahaya Smartphone Jika Dibawa Tidur Tanpa Kita Sadari. Pengguna smartphone dewasa belakangan ini kian hari semakin mengalami peningkatan cukup pesat. Hal ini disebabkan ada beragam fitur pada smartphone yang dapat memudahkan aktivitas manusia untuk melakukan banyak hal.

Misalnya saja seperti mengirim email, berkomunikasi via aplikasi pesan singkat, bermain game dengan tujuan untuk menghilangkan stres dan sebagainya.

Namun, disamping kemudahan itu ternyata ada dampak buruk yang ditimbulkan dari penggunaan smartphone dari sisi kesehatan. Sayangnya tidak semua orang mengetahuinya. Padahal sering kita lakukan seperti membawa smartphone dikala tidur.

Dampak buruk Smartphone jika dibawa tidur:

1. Gangguan Tidur (Insomnia)

Kebiasaan yang sering kita lakukan adalah bermain hp sebelum tidur atau bahkan meletakknya terlalu dekat dengan posisi ditidur kita, misalnya menempatkan smartphone di bawah bantal atau disebelahnya. Maksud dari tujuan kita demikian tidak lain untuk selalu cepat tanggap ketika ada pesan atau panggilan masuk.

Namun, tindakan tersebut ternyata dapat berimbas pada kondisi kesehatan kita di masa mendatang atau pada saat itu juga. Paparan radiasi dari smartphone dapat mempengaruhi hormon melatonin dalam tubuh yang dapat menyebabkan gangguan tidur pada seseorang. Sehingga, seseorang akan mengalami susah tidur atau lebih dikenal dengan insomnia.

2. Menurunkan Tingkat Kesuburan Pria

Jika anda seorang pria, maka hal ini jangan pernah mengabaikannya. Dampak buruk smartphone memang tak dapat dirasakan secara langsung. Namun, dalam jangka waktu tertentu akan menimbulkan reaksi negatif bagi kesehatan terutama untuk pria.

Paparan gelombang elektromagnetik skala kecil pada smartphone dapat menyebabkan penurunan kualitas sperma dan juga dapat meningkatkan hormon testoteron lebih tinggi pada seorang pria. Jika sedang menjalankan program kehamilan dengan pasangan anda, sebaiknya kebiasaan menempatkan atau menggunakan smartphone sebelum tidur ini segera dihentikan.

3. Menyebabkan Keguguran Bagi Wanita Hamil

Dampak negatif penggunaan smatphone sebelum tidur bukan hanya bagi seorang pria saja, wanita hamil juga memiliki resiko lebih tinggi untuk keguguran.

Mengapa? Dalam penelitian ilmiah yang diterbitkan jurnal epidemyologi mengatakan bahwa paparan gelombang elektromagnetik dari smartphone akan meningkatkan resiko wanita yang sedang hamil mengalami keguguran lebih tinggi karena terganggunya proses pembelahan sel pada janin.

4. Meningkatkan Resiko Serangan Jantung

Penyakit jantung bukan hanya dilandasi oleh faktor makanan dan riwayat keturunan dari anggota keluarga. Namun, bisa datang akibat dari gaya hidup yang kurang baik salah satunya yakni menempatkan atau menggunakan smartphone sebelum tidur.

Selain insomnia, gelombang eletromagnetik yang dikeluarkan oleh smartphone juga dapat mempengaruhi ritme jantung. Bukan hanya itu saja, seseorang penderita penyakit jantung mungkin saja akan mengalami kematian secara mendadak akibat mendengar suara berdering dari smartphone yang diletakkan didekatnya.

5. Merusak Sel-Sel Syaraf di Otak

Menurut Dr. Devra Davis seorang ilmuan kesehatan mengatakan bahwa paparan radiasi dari handphone dapat menyebabkan kerusakan sel sel otak dalam jangka panjang, terutama pada anak anak.

Bukan hanya itu saja, kondisi tersebut dapat memicu serentetan penyakit ganas lainnya seperti akan meningkatkan resiko terserang tumor otak, autisme, alzheimer dan penyakit yang berhubungan dengan gangguan syaraf di otak.

Itulah beberapa dampak negatif bahaya smartphone jika dibawa tidur yang dilansir dari situs aoglamedia.com. Semoga dengan adanya informasi ini akan membawa kita kepada perubahan untuk meninggalkan kebiasanya buruk yang sering kita lakukan. Semoga artikel ini memberikan manfaat, jangan lupa untuk membaca tulisan saya yang lainnya ya..

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini