8 Cara Meningkatkan Performa Windows 10

0
91

8 Cara Meningkatkan Performa Windows 10. Windows 10 mungkin sistem operasi tercepat hingga saat ini, tetapi hal itu tidak berarti akan mempertahankan kecepatan itu sepanjang hidupnya.
Di bawah ini kami telah menguraikan beberapa cara Anda dapat mempercepat PC Anda menjalankan Windows 10, Meskipun tidak terlalu signifikan akan meningkatkan kinerja komputer Anda.

Mematikan Windows 10 Lebih Cepat

Jika Anda ingin mematikan komputer setelah bekerja keras seharian, Anda akan menyadari bahwa prosesnya masih membutuhkan tiga klik. Untuk mempercepat ini, Anda dapat menggunakan pintasan. Cukup klik kanan di mana saja pada bagian desktop yang bebas lalu klik New> Shortcut. Di kolom Lokasi, ketikkan yang berikut ini.

% WINDIR% SYSTEM32 SHUTDOWN.EXE / S / T 0
Klik pada Next untuk menyelesaikan. Sekarang setiap kali Anda mengklik pintasan itu, PC Anda akan segera mati.

Nonaktifkan program Startup

Hampir setiap versi Windows memungkinkan Anda untuk menonaktifkan item startup, dan tidak terkecuali Windows 10. Menghentikan beberapa program untuk memulai akan mempercepat OS.

Untuk menemukan opsi ini, klik kanan taskbar dan pilih Task Manager, dan kemudian klik pada tab Startup. Di sini Anda dapat menonaktifkan program yang tidak ingin Anda mulai secara otomatis.

Hapus bloatware
Tidak ada yang suka bloatware (kecuali produsen PC) tetapi itu berarti sistem Anda sedikit lebih murah sebagai hasilnya. Tapi Anda bisa membuang crapware ini. Untuk sebagian besar, ini adalah program seperti software penghapus disk, alat cadangan dari pabrikan atau utilitas lain yang tidak diperlukan.
Buat menu Start Windows 10 dan Windows zippier lainnya

Menu Start Windows 10 yang baru dapat lebih lambat untuk muncul di komputer yang lebih lama. Untuk mematikan fitur animasi ini, buka System Properties (ketik bidang pencarian sysdm.cpl dan tekan Enter).

Klik pada tab Advanced, lalu klik tombol Pengaturan di Kinerja. Hapus kotak untuk Animate windows saat meminimalkan dan memaksimalkan, lalu klik Apply.

Ini seharusnya mempercepat tidak hanya menu Start tetapi juga semua jendela lain yang muncul di desktop Anda.

Jika Anda benar-benar ingin, Anda dapat menonaktifkan semua efek visual untuk benar-benar mempercepat Windows 10. Cukup klik pada tombol di samping Sesuaikan untuk kinerja terbaik.

Aktifkan Windows 10 Fast Startup

Dengan Windows 10 ada mode startup “hibrida” baru yang seharusnya mengurangi waktu boot. Ini dilakukan dengan menempatkan PC ke hibernasi daripada sepenuhnya mati.

Untuk mengaktifkan ini, klik pada tombol Start dan ketik “Control Panel” dan tekan enter. Pada klik panel kontrol pada Hardware and Sound. Halaman baru akan muncul, di sini klik Ubah apa yang dilakukan tombol daya. Kemudian klik Ubah pengaturan yang saat ini tidak tersedia Terakhir, centang kotak bertanda Aktifkan startup cepat

Nonaktifkan layanan di Windows 10 (Disable services)

Seperti halnya semua versi Windows, ada beberapa program yang berjalan di latar belakang, sementara program ini tidak begitu penting. Jika Anda menonaktifkan program yang berjalan di belakang ini, Anda dapat mempercepat Windows 10.

Untuk mematikan layanan di windows, ketik: “services.msc” ke dalam kolom pencarian. Kemudian, klik ganda pada layanan yang ingin Anda hentikan atau nonaktifkan.

Ada banyak layanan yang dapat dimatikan tetapi yang mana yang bergantung pada apa yang Anda gunakan untuk Windows 10 dan apakah Anda bekerja di kantor atau rumah.

Ingat, menghentikan layanan dapat menimbulkan konsekuensi yang tidak terduga. Banyak komponen atau aplikasi yang mungkin berhenti bekerja dengan benar, jadi lanjutkan dengan hati-hati.

Bersihkan disk Windows 10 Anda

Untungnya, Windows 10 memiliki alat Disk Cleanup bawaan yang sangat berguna ketika Anda ingin menyingkirkan file yang tidak perlu. Untuk menggunakan alat ini, klik tombol Start dan kemudian pilih tautan File Explorer. Klik kanan Local Disk C: dan pilih Properties. Arahkan ke tab General dan kemudian cari tombol Disk Cleanup. Sesampai di sana, klik “file yang tidak perlu (file internet sementara, dll)” lalu tekan OK.

Untuk pengguna tingkat lanjut, Anda dapat memilih tombol “Bersihkan file sistem” untuk menyingkirkan lebih banyak file.

Defragment hard drive pada Windows 10

Defragmenting hard drive Anda adalah salah satu cara paling dasar untuk mempercepat komputer Anda. Ini mengkonsolidasikan berbagai bagian file Anda ke dalam area sekuensial terkecil yang mungkin pada disk. Ini berarti baca / tulis harus menempuh jarak yang lebih kecil sehingga akan lebih cepat dalam menyelesaikan permintaan.

Perlu disebutkan bahwa ini hanya berlaku untuk drive fisik, berbasis platter daripada hard disk solid-state. Karena SSD (solid state drive) menyimpan data dengan cara tertentu, fragmentasi memiliki sedikit pengaruh pada kinerja. Defragmentasi tidak diperlukan karena hal ini.

Bagi Anda dengan HDD fisik, defrags reguler adalah cara penting untuk memastikan komputer Anda tetap berjalan dengan cepat. Untuk men-defrag hard drive, klik tombol Start dan klik tautan File Explorer. Klik kanan Local Disk C: dan pilih Properties. Pilih tab Tools, lalu klik “Optimize and Defragment Drive”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini